Popular Post

Weekly Most Viewed

Posted by : Vaiz 7 Mar 2013

Ilustrasi.(foto: Feri Usmawan)
Premier League memasuki pekan ke 28. Manchester United melenggang di puncak klasemen, tapi di lapangan tak sedikitpun skuad Sir Alex Ferguson terlihat nyaman. Di perebutan tempat zona Liga Champions situasinya justru lebih sengit. Chelsea ditempel ketat Arsenal.

The Red Devils yang memuncaki klasemen dengan unggul 12 poin dari penghuni runner-up Manchester City, kali ini memang enggan terlalu jumawa sehingga semua laga mereka hadapi solah-olah laga final. Iblis Merah tidak mau lagi jadi korban “perubahan cuaca ekstrem”.

United memang wajib menjaga fokus. Pengalaman musim lalu adalah sejarah pahit bagi klub yang berpuluh-puluh tahun memonopoli memori penggila bola di segala penjuru dunia, sebagai “pemilik” Manchester itu. Musim kemarin, United sudah unggul delapan poin, sehingga banyak yang berkeyakinan United akan menggondol trofi Premier League, tapi kemudian dikudeta secara menyakitkan oleh rival sekota Manchester City.

Untungnya, kali ini konsistensi Setan Merah lebih jempolan. Pada 16 pertandingan terakhir, tak pernah sekalipun poin pasukan Sir Alex Ferguson benar-benar amblas. 14 kemenangan, dan 2 hasil seri mereka rebut. Di atas kertas, United memang sulit dikejar. Penampilan City juga tidak lebih menjanjikan dari musim lalu. Tapi sekali lagi, dalam sepakbola apapun bisa terjadi.

Tim-tim yang saling berebut tiket Liga Champions bertarung lebih sengit. Jika sial, City yang berharap bisa mengkudeta United di puncak klasemen pun bahkan bisa terpental dari zona empat besar. City hanya unggul sembilan poin dari Arsenal yang mengantre paling depan untuk masuk ke zona Liga Champions.

Bagi Tottenham Hotspur (54), Chelsea (52), bayangan terbuang dari zona bergengsi itu tentu lebih besar.Kalau dua klub itu menengok ke belakang, setidaknya ada lima klub yang siap membawa mimpi buruk. Kita runut saja lima klub itu dengan poin yang saat ini mereka miliki. Ada Arsenal (47), Everton (45), Liverpool (42), Swansea (40) dan West Bromwich (40).Seperti rivalitas United dan City yang berjarak 12 poin, West Brom di posisi sembilan, juga punya selisih poin yang sama dengan Chelsea yang bertengger di posisi empat klasemen.

Fakta ini menunjukkan, sudah waktunya bagi kedua tim, terutama Chelsea untuk membunyikan alarm tanda siaga 1. Arsenal, Everton bahkan Liverpool, jelas punya peluang besar menyalip. Sebab, masih ada 10 pertandingan tersisa di musim ini. Itu artinya secara matematika, setiap klub punya peluang mendulang 30 poin, untuk menentukan di mana mereka akan berakhir.

Dari 10 laga sisa itu, dua kekalahan saja diderita The Blues, dampaknya bisa sangat fatal, terlempar dari empat besar. Perjuangannya memang tidak mudah bagi The Blues. Di sisa 10 laga itu, delapan laga harus menghadapi lawan-lawan berat. West Ham, Tottenham Hotspur, Liverpool,Swansea, Manchester United, dan Everton, Fulham. Dua tim lain terbilang lawan lemah, Southampton dan Aston Villa. Sementara ujian terberat Arsenal bakal terjadi saat menjamu Manchester United 28 April 2013.

Melihat peta persaingan ini, dengan tidak mengecilkan kans Manchester City mengejar United, pertarungan Arsenal dan Chelsea tentu menjadi terasa lebih menarik. Sayang kedua tim London ini tidak harus saling tikam, karena tak ada agenda yang mempertemukan keduanya di 10 laga terakhir Premier League musim ini.

Sementara Spurs pun tidak bisa asyik-asyikan di posisi tiga. Bukan tidak mungkin, Spurs yang justru tergelincir karena kegigihan Chelsea dan Arsenal untuk tiket Liga Champions, membuat kedua tim itu tampil konsisten mendulang poin. Sebab, hanya selisih tujuh poin dengan 10 laga tersisa, jelas bukan jaminan aman.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Knowledge| - vaizsphere98 - Powered by Titania - Designed by Johanes Djogan -